KALORI KUE LEBARAN VS NASI, MANA YANG LEBIH TINGGI?

Tayang 14 Apr 2024

Apakah kalori kue lebaran lebih tinggi daripada nasi? Cari tahu jawabannya di sini! Kami akan berbagi informasinya agar kamu nggak kalap saat lebaran tiba.

Siapa yang bela-belain nggak makan nasi tapi ngemil banyak kue kering khas lebaran? Bagi banyak orang, momen lebaran tidak lengkap rasanya jika tidak menikmati beraneka ragam kue kering. Nastar, kastengel, putri salju, dan berbagai kue kering lainnya memang terlihat sangat menggoda untuk dinikmati.

Namun perlu diingat, kalori kue lebaran biasanya juga nggak kalah tinggi dibandingkan nasi. Jadi, kamu harus bisa tetap menahan diri agar tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Sebenarnya berapa banyak sih jumlah kalori kue lebaran? Ini jawabannya!

Kalori Kue Lebaran VS Nasi

Kandungan kalori kue kering khas lebaran sebetulnya bisa berbeda-beda, tergantung dari variasi resep pembuatannya. Berikut ini adalah estimasi kandungan kalori per 100 gram kue kering:

Daftar kalori kue lebaran:
Nastar: 373 kcal
Kastengel: 428 kcal
Putri salju: 500 kcal
Lidah kucing: 456 kcal
Semprong: 376 kcal
Sagu keju: 458 kcal
Kue selai kacang: 477 kcal
Kue mentega atau gula: 475 kcal
Kembang goyang: 340 kcal
Kue bawang: 434 kcal
Kue tambang: 462 kcal

Sedangkan kandungan kalori per 100 gram nasi adalah 180 kcal (menurut Tabel Komposisi Pangan Indonesia 2017).

Dari data tersebut, terlihat bahwa kue kering lebaran memiliki kandungan kalori yang lebih tinggi daripada nasi. Hal ini tidak mengherankan, karena kue kering dibuat dari tepung, butter/mentega, pemanis, dan bahan lainnya yang pada dasarnya sudah tinggi kalori.

Penting untuk diingat bahwa angka-angka di atas hanya estimasi dan dapat bervariasi tergantung pada resep dan cara pembuatan kue kering yang berbeda. Dengan mengetahui estimasi kandungan kalori kue kering khas lebaran, kamu bisa membuat pilihan yang lebih bijaksana saat menikmatinya.

Tips Cerdas Menikmati Kue Lebaran Tanpa Khawatir Kalori

Agar kamu bisa tetap menikmati kue lebaran tanpa khawatir dengan kalori yang terlalu tinggi, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan, seperti:

1. Perhatikan porsi

Makan kue kering secukupnya. Kamu bisa mengonsumsi sekitar 2-3 butir kue kering untuk memuaskan rasa ingin tahu. Selain itu, gunakan piring kecil untuk membantu mengontrol porsi makan. Jadi, hindari makan langsung dari toplesnya ya karena hal ini dapat membuatmu makan berlebihan.

2. Pilih jenis kue

Sebaiknya pilih jenis kue yang lebih sehat. Contohnya seperti kue kering dengan tepung gandum utuh, gula rendah kalori, dan butter/mentega yang lebih rendah lemak.

3. Kombinasi makanan

Ingat untuk tetap mengonsumsi makanan sehat lainnya saat lebaran. Perbanyak sayur, buah, dan protein agar kamu merasa kenyang dan tidak tergoda dengan kue lebaran atau makanan tinggi kalori lainnya.

4. Lakukan aktivitas fisik

Rutin berolahraga membantu membakar kalori dan menjaga kesehatan tubuh. Di sela-sela kesibukan silaturahmi ke rumah keluarga, luangkan waktu untuk melakukan olahraga minimal 30 menit setiap hari.

5. Buat sendiri

Jika kamu ingin menikmati kue lebaran dengan lebih tenang, kamu bisa membuat kue lebaran versi rendah kalori dengan resep yang lebih sehat. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan.

Untuk mendapatkan resep kue lebaran yang sehat, kamu bisa mencarinya melalui aplikasi GorryWell. Di sini kamu juga bisa berkonsultasi dengan Wellness Coach yang akan membantumu menjalani pola hidup sehat. Jadi, tunggu apa lagi, yuk download aplikasi GorryWell segera melalui AppStore atau Playstore!

Contact Us