KALORI KOSONG? KETAHUI LEBIH DEKAT!

Tayang 01 Feb 2024

GorryMates pernah mendengar tentang "kalori kosong" atau "empty calorie"?

Kalori menunjukkan besaran energi yang didapatkan dari makanan dan/atau minuman. Selain memberikan asupan kalori, makanan/minuman juga memberikan asupan zat gizi, seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Sayangnya, cukup banyak makanan/minuman yang komposisi kandungan kalori dan zat-zat gizinya tidak cukup baik bagi kesehatan. Ketika suatu makanan/minuman hanya menyediakan kalori (terlebih dalam jumlah tinggi), namun minim (atau bahkan tidak ada) manfaat bagi kesehatan tubuh, maka makanan/minuman tersebut dapat dikatakan mengandung "kalori kosong".

Minuman manis adalah contoh minuman "kalori kosong" karena tinggi akan kalori dan gula. Begitu pula dengan pastry dengan banyak butter, karena tinggi kalori dan lemak. Keduanya serupa, kalorinya yang tinggi tidak diimbangi dengan tingginya manfaat kesehatan. Bahkan jika dikonsumsi secara berlebihan, makanan/minuman tersebut dapat meningkatkan risiko permasalahan kesehatan.

Yuk, atur asupan kalori secara bijak agar tubuh bukan hanya mendapatkan kalori, tapi juga zat-zat gizi yang dibutuhkannya!

Contact Us