CARA MENGANGKAT SEL KULIT MATI DI WAJAH

Tayang 03 Apr 2024

Ada beberapa cara untuk mengangkat sel kulit mati di wajah, mulai dari menggunakan bahan alami yang mudah didapat di rumah hingga memakai produk skincare khusus. Yuk simak artikel berikut, jika kamu ingin mengetahuinya.

Sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit dapat menghambat proses regenerasi kulit. Ketika sel kulit mati tidak dihilangkan, sel-sel baru tidak dapat tumbuh dengan optimal. Hal ini bisa menyebabkan kulit kusam, kasar, dan kering. Selain itu, sel kulit mati juga bisa menyumbat pori-pori dapat menyebabkan jerawat lho. Oleh karena itu, penting bagi GorryMates untuk melakukan eksfoliasi secara rutin untuk membersihkannya.

Cara Mengangkat Sel Kulit Mati di Wajah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, eksfoliasi adalah kunci untuk mengangkat dan membersihkan sel kulit mati. Berikut ini adalah beberapa bahan yang bisa kamu gunakan untuk eksfoliasi wajah:

1. Oatmeal

Oatmeal bukan hanya makanan lezat, tetapi juga menjadi salah satu bahan alami yang bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati di wajah. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam National Library of Medicine menunjukkan bahwa oatmeal bisa membantu proses pengelupasan sel kulit mati dengan cara melembutkan teksturnya.

Cara mengangkat sel kulit mati menggunakan dengan bahan ini adalah dengan membuat masker campuran oatmeal dan madu. Selain bisa membantu mengangkat sel kulit mati, masker ini juga bisa melembapkan dan menenangkan peradangan pada kulit yang disebabkan oleh jerawat.

2. Air lemon

Air lemon tak hanya menyegarkan, tapi juga memiliki manfaat kecantikan yang luar biasa. Salah satunya adalah mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Kandungan asam sitrat pada lemon akan bekerja sebagai exfoliant alami untuk membantu mengangkat sel kulit mati penyebab kusam dan jerawat.

Untuk eksfoliasi wajah dengan bahan ini, kamu cukup mengoleskan air lemon langsung ke wajah. Selanjutkan diamkan selama 10 menit, lalu bilas hingga bersih.

3. Cuka apel

Cara mengangkat sel kulit mati selanjutnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan cuka apel. Perlu kamu tahu, cuka apel memiliki kandungan asam golongan AHA (alpha hydroxy acids). Selain itu, cuka apel juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat pada wajah. Namun, perlu diingat bahwa bahan alami ini tidak disarankan untuk pemilik kulit wajah sensitif.

Untuk menggunakan cuka apel sebagai bahan eksfoliasi, kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan cuka apel dengan 2 sendok makan air. Basahi kapas dengan larutan tersebut dan usapkan ke seluruh permukaan wajah kemudian diamkan selama sekitar 10-15 menit. Selanjutnya, kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

4. AHA BHA

AHA atau alpha hydroxy acid adalah bahan aktif yang umumnya terdapat dalam produk skincare untuk perawatan wajah seperti toner, serum, atau krim. Bahan ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dari permukaan wajah dan membantu menjaga kelembapan kulit sehingga cocok digunakan oleh pemilik kulit kering. Beberapa jenis asam AHA yang sering ditemukan dalam produk perawatan kulit adalah asam malat, asam sitrat, dan asam glikolat.

Sementara itu, BHA atau beta hydroxy acids adalah bahan kimia yang dapat mengangkat sel kulit mati hingga ke bagian dalam pori-pori kulit sehingga cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak dan kombinasi. Salah satu kandungan BHA yang efektif dalam mengangkat sel kulit mati adalah asam salisilat.

5. Retinol

Retinol sebenarnya bukan termasuk bahan untuk eksfoliasi. Meskipun begitu, bahan ini dapat membantu meningkatkan proses regenerasi sel kulit. Jika kamu ingin menggunakan retinol, disarankan untuk tidak menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan aktif AHA dan BHA secara bersamaan karena berisiko menyebabkan iritasi.

Eksfoliasi adalah cara mengangkat sel kulit mati yang efektif serta dapat membantu membuat kulit jadi lebih lebih cerah dan halus. Namun, perlu diingat bahwa eksfoliasi hanya salah satu langkah dalam menjaga kesehatan kulit.

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu juga harus menerapkan pola makan dan gaya hidup sehat. Jika kamu ingin mendapatkan panduan yang lebih personal, konsultasikan pola dan menu makan sehatmu dengan Wellness Coach (Nutritionist) GorryWell

Contact Us