4 TIPS SUKSES MENERAPKAN GAYA HIDUP SEHAT

Tayang 26 Jan 2024

Menanamkan dan menjaga gaya hidup sehat seringkali tidak mudah. Padahal, kita membutuhkannya untuk mencapai target kesehatan. Ini tips supaya sukses menerapkan gaya hidup sehat:

1. Tetapkan target yang realistis dan spesifik
Target yang terlalu mudah bisa bikin kurang semangat, sedangkan target yang terlalu besar terasa mustahil untuk dicapai. Karenanya, tetapkan target yang realistis dan berikan diri waktu yang realistis untuk mencapainya. Misalnya menurunkan berat badan sebesar 5-10% dalam waktu 6 bulan.

2. Lakukan pemantauan mandiri
Buat jurnal/catatan mengenai apa saja yang dikonsumsi (makanan dan minuman), serta aktivitas fisik dan olahraga yang dilakukan. Catatan tersebut akan menjadi cermin dan menyadarkan diri mengenai pola hidup saat ini. Catatan tersebut juga dapat menentukan area/hal apa saja yang perlu diperbaiki.

3. Miliki dukungan
Teman, keluarga dan lingkungan yang tepat dapat mendukung kesuksesan gaya hidup sehat.

4. Ciptakan rutinitas yang menyenangkan
Menemukan jenis olahraga yang benar-benar disukai, melakukan olahraga baru yang seru, menemukan resep lezat dan menyehatkan, adalah contoh kiat yang dapat membuat gaya hidup sehat jadi menyenangkan.

Tips-tips ini tidak perlu dilakukan sekaligus. Pilih saja salah satu yang tampaknya paling memungkinkan saat ini, dan terapkan secara konsisten setidaknya selama seminggu. Setelah itu, tambahkan tips lainnya lagi. Seiring berjalannya waktu, GorryMates akan menyadari bahwa banyak dari kebiasaan ini dapat saling berhubungan.

Contact Us