SUSAH TURUN BERAT BADAN KARENA METABOLISME LAMBAT?
Tayang 26 Jan 2024

Metabolisme yang lambat sering dianggap sebagai penyebab tubuh gemuk dan sulitnya turun berat badan. Apakah ini benar?

Metabolisme adalah serangkaian proses biokimia yang kompleks yang terjadi dalam tubuh untuk bertahan hidup, seperti pernapasan, mengedarkan darah, menumbuhkan dan memperbaiki sel, dan lainnya. Proses ini mengeluarkan energi dan membakar kalori selama 24/7, bahkan saat kita sedang tidur.

Metabolisme yang lambat membakar lebih sedikit kalori, sedangkan metabolisme yang cepat membakar kalori dengan lebih cepat. Proses metabolisme ini bekerja pada intensitas yang berbeda-beda antar individu. Itu sebabnya beberapa orang kesulitan untuk menurunkan berat badan, namun ada pula yang sulit meningkatkan berat badan meski sudah banyak makan.

Seberapa cepat metabolisme bekerja berkaitan dengan sejumlah faktor. Gen dan usia adalah contoh faktornya, namun kita tidak bisa mengendalikan hal tersebut.

Tak perlu berkecil hati, GorryMates bisa mempercepat metabolisme yang lambat secara alami! Dengan kata lain, kita dapat "memanipulasi" metabolisme sampai tingkat tertentu. Caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat, serta rutin berolahraga.

Mengenai olahraganya, latihan kekuatan (strength training) perlu disertakan karena olahraga jenis ini mempertahankan dan bahkan dapat meningkatkan massa otot. Meningkatkan massa otot akan mempercepat laju metabolisme, sehingga pembakaran kalori jadi lebih tinggi, bahkan saat sedang tidak berolahraga. Dengan demikian, penurunan berat badan dapat dicapai.

Bagi GorryMates yang sedang berjuang menurunkan berat badan, tetap semangat untuk menerapkan pola makan sehat dan olahraga secara rutin!

Contact Us