DAMPAK KURANG TIDUR BAGI KESEHATAN YANG PERLU KAMU TAHU

Tayang 14 Apr 2024

GorryMates, tidur merupakan salah satu kebutuhan penting bagi tubuh kita. Saat kita tidur, tubuh kita memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri dan mengisi ulang energi. Namun, sayangnya, banyak dari kita sering mengabaikan waktu tidur yang cukup. Padahal, kurang tidur bisa memiliki dampak serius bagi kesehatan kita.

Kurang tidur terjadi ketika seseorang tidak mendapatkan jumlah tidur yang disarankan untuk usianya. Menurut para ahli kesehatan, orang dewasa seharusnya tidur selama 7-9 jam setiap malam untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Baca Juga: Ini manfaat tidur dan bangun lebih awal

Dampak Buruk Akibat Kurang Tidur

Bila GorryMates kurang tidur, maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh. Adapun dampak buruk dari kurang tidur antara lain sebagai berikut.

Menurunkan Daya Ingat dan Konsentrasi

Kurang tidur dapat membuat kita sulit berkonsentrasi dan mempengaruhi daya ingat. Ini dapat berdampak pada produktivitas kita di sekolah atau tempat kerja. Konsentrasi yang kurang akan membuat kita banyak melamun dan mengurangi fokus kita dalam menyelesaikan pekerjaaan atau aktivitas kita.

Meningkatkan Risiko Kegagalan Fisik

Tubuh kita membutuhkan istirahat yang cukup untuk memperbaiki jaringan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh kita, sehingga kita lebih rentan terhadap serangan penyakit.

Meningkatkan Risiko Kecelakaan

Kurang tidur juga meningkatkan risiko kecelakaan, terutama jika kita mengemudi atau melakukan pekerjaan yang memerlukan kewaspadaan tinggi. Ketika kita mengantuk, reaksi kita menjadi lambat, meningkatkan kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Baca Juga: Kurang tidur sebabkan sulit turun berat badan

Meningkatkan Risiko Masalah Kesehatan

Kurang tidur telah dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, diabetes, obesitas, dan masalah kesehatan lainnya. Ini karena kurang tidur dapat memengaruhi kadar gula darah, tekanan darah, dan hormon dalam tubuh kita.

Mempengaruhi Kesehatan Mental

Kurang tidur juga dapat berdampak negatif pada kesehatan mental kita. Ini dapat meningkatkan risiko depresi, kecemasan, dan masalah emosional lainnya.

Tips untuk Mendapatkan Tidur yang Cukup

Untuk mencegah terjadinya kurang tidur, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan antara lain:

Atur Jadwal Tidur yang Teratur

Cobalah untuk tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, bahkan di akhir pekan. Atur jadwal tidur dengan teratur misalnya menggunakan alarm.

Ciptakan Lingkungan Tidur yang Nyaman

Pastikan kamar tidur GorryMates tenang, gelap, dan nyaman untuk tidur. GorryMates bisa meletakkan aroma theraphy untuk menambah ketenangan.

Batasi Paparan Layar

Hindari penggunaan gadget atau menonton TV sebelum tidur, karena cahaya biru dapat mengganggu kualitas tidur Gorry Mates.

Hindari Minuman Berkafein atau Stimulan

Hindari minum kopi, teh, atau minuman berenergi dan mengandung caffeine sebelum tidur, karena dapat mengganggu tidur GorryMates.

Relaksasi Sebelum Tidur

Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi atau pernapasan dalam untuk membantumu tidur lebih nyenyak.

Dengan memahami pentingnya tidur yang cukup dan mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas tidur kita, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan pikiran kita dengan lebih baik.

Makan makanan bergizi dan sehat yang mengandung tryptophan brokoli, bayam dan selada akan membuat tidur kita menjadi lebih pulas dan nyenyak. Hal ini tentu akan meningkatkan kualitas tidur GorryMates.

Jadi, Tunggu apa lagi, yuk pesan makanan sehatmu sekarang juga di Gorry Gourmet dan jangan remehkan efek buruk kurang tidur dan prioritaskan tidur yang cukup setiap malam ya GorryMates!

Contact Us