APA SIH BAHAYA MAKAN MIE CAMPUR NASI? INI PENJELASANNYA

Tayang 14 Apr 2024

Apakah Gorrymates suka makan mie campur nasi? Perpaduan mie dan nasi memang terasa begitu lezat dan mengenyangkan. Tapi, tahukah kamu bahwa kebiasaan mencampur dua jenis karbohidrat ini bisa membahayakan kesehatan?

Pada artikel kali ini, GorryWell akan membahas tentang bahaya makan mie terutama mie instan dengan nasi. Kami akan berbagi info tentang kandungan gizi dari mie dan nasi, serta bagaimana efeknya ketika kedua makanan ini dicampur dan dikonsumsi secara bersamaan. Yuk, simak artikel ini sampai tuntas untuk mengetahuinya!

Bahaya Makan Mie Campur Nasi untuk Kesehatan

Mie instan dan nasi merupakan dua makanan pokok yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun, menggabungkan keduanya dalam satu piring ternyata dapat membahayakan kesehatan. Berikut beberapa diantaranya:

1. Tinggi kalori dan karbohidrat

Mie instan dan nasi sama-sama mengandung karbohidrat tinggi. Ketika dicampur, jumlah kalorinya pun menjadi berlipat ganda. Hal ini dapat menyebabkan beragam masalah kesehatan.

2. Rendah nutrisi

Mie instan umumnya rendah serat dan vitamin. Menggabungkannya dengan nasi putih pun tidak meningkatkan nilai gizinya secara signifikan. Hal ini dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan mengganggu kesehatan tubuh.

3. Mengganggu pencernaan

Makan mie campur nasi secara bersamaan dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti sembelit dan perut kembung. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar karbohidrat dan rendahnya serat.

4. Memicu diabetes

Baik mie instan maupun nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang tinggi. Ketika kita makanan mie campur nasi yang kaya karbohidrat, tubuh akan mencernanya menjadi gula dan hal ini bisa meningkatkan produksi hormon insulin.

Perlu kamu tahu, hormon insulin ini berperan dalam menghasilkan energi dalam tubuh. Namun, ketika asupan gula dari karbohidrat terlalu tinggi, maka hormon insulin tidak mampu mengolahnya dengan baik. Hal ini mengakibatkan penumpukan gula darah dan memicu diabetes.

5. Ancaman obesitas

Efek negatif lain dari kebiasaan mengonsumsi mie instan dicampur nasi secara berlebihan adalah ancaman obesitas. Hal ini dikarenakan tingginya kadar karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh akan dipecah menjadi lemak.

Jika tidak ada usaha untuk membakar lemak berlebih melalui olahraga secara teratur, risiko obesitas dapat meningkat. Ingat, kelebihan berat badan dapat memicu perkembangan berbagai penyakit serius seperti diabetes, penyakit jantung, dan obstruktif sleep apnea. Oleh karena itu, untuk menghindari risiko obesitas, penting untuk menjaga pola makan seimbang dan membatasi konsumsi mie instan dan nasi secara berlebihan.

6. Memicu tekanan darah tinggi

Mie instan mengandung zat aditif makanan yang dikenal sebagai monosodium glutamate (MSG), yang digunakan untuk meningkatkan rasa pada makanan. Kandungan MSG ini dapat berdampak pada peningkatan tekanan darah dalam tubuh. Mengonsumsi mie instan secara berlebihan bisa membuat berisiko terkena penyakit kardiovaskular.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengurangi konsumsi mie instan dan memilih opsi makanan yang lebih sehat dan alami. Penting untuk menjaga pola makan yang seimbang dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, dan sumber protein yang sehat.

Selain itu, penting juga untuk menjaga gaya hidup aktif dengan rutin berolahraga dan mengelola stres. Ini semua dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi serta penyakit yang terkait dengannya.

Jika sebelumnya kamu memiliki kebiasaan makan mie campur nasi dan ingin mulai mengubah pola makan sehat agar sesuai dengan kebutuhan gizi harian, jangan ragu untuk menghubungi ahlinya. Kamu bisa berkonsultasi dengan mudah WellNess Coach GorryWell untuk mendapatkan saran yang lebih spesifik dan sesuai dengan kebutuhan kesehatanmu.

Contact Us